Senin, 12 Januari 2009

Waspada, Rokok Bisa Sebabkan Kanker pada Bayi

Senin, 12 Januari 2009

MELBOURNE - Bagi para ibu hamil yang juga seorang perokok, ada baiknya anda menghentikan kebiasaan menghisap tembakau tersebut. Pasalnya sebuah studi di Australia mensinyalir, wanita yang merokok saat sedang mengandung dapat menyebabkan resiko kanker pada bayi yang akan dilahirkan.

Times of India, Senin (12/1/2009) melansir informasi baru dari New South Wales Cancer Insitute, Australia yang menyatakan bayi yang lahir dari seorang ibu perokok berisiko lima kali lebih besar mengidap kanker.

Selain itu, bayi juga akan lahir prematur atau lebih cepat dari waktu yang diperkirakan sembilan bulan, tak hanya itu, bobot bayi juga akan menurun dibandingkan dengan bayi yang lahir dari ibu yang tidak merokok.

"Kami memang belum dapat memastikan hubungan antara kehamilan dengan merokok, tapi sangat jelas bahwa merokok sangat berbahaya pada masa kehamilan," kata juru bicara New South Wales Cancer Insitute, Jim Bishop.

Para peneliti tersebut akan mengembangkan penelitian lebih lanjut untuk mengungkapkan hubungan antara kehamilan dengan resiko kanker pada bayi hingga masa kanak-kanak atau remaja dari bayi yang lahir pada ibu yang merokok saat hamil.

"Mulai saat ini, kami memperingatkan kepada para ibu agar tidak merokok karena resiko kanker benar-benar ada, kami akan membuktikkannya," ujar peneliti lain, Jodi McKay.

Sumber : Okezone.com




0 komentar:

 
Welcome To Shinichi Ryan ◄Design by Pocket, BlogBulk Blogger Templates