Rabu, 09 Juni 2010

Abel Brata, Pecahkan Rekor MURI Solving Rubik's Cube

Rabu, 09 Juni 2010


Abel Brata

Perkenalan Abel Brata dengan solving Rubik's Cube bermula ketika melihat puzzle ini dipajang di sebuah toko di mall yang terletak di Jakarta Barat, sekitar awal 2004. Walaupun di masa kecilnya dia dibelikan permainan ini, tak pernah dicobanya untuk melesaikan hingga tuntas. Berawal dari rasa penasaran, dicobalah menyelesaikan Rubik's Cube tersebut berhari-hari, namun hanya mampu menjadikan dua lapis saja. Akhirnya teringat dengan internet, dia mencoba mencari tutorialnya. Dan dengan bantuan petunjuk yang didapat dari internet tersebut, akhirnya berhasil menyelesaikan Rubik's Cube.
Kemudian ketertarikan Abel dengan speedcubing mulai muncul ketika melihat sang juara dunia waktu itu, Dan Knights, di videonya mampu menyelesaikan Rubik's Cube dalam waktu kurang dari dua puluh detik. Belum habis rasa herannya, muncul lagi seorang anak yang tiba-tiba mampu menembus rekor dunia dengan waktu yang fantastis pada waktu itu, yaitu di 12.11 detik! Dialah Shotaro "Macky" Makisumi, yang secara official boleh dibilang adalah cuber sub-15 pertama... Minat Abel di bidang speedcubing makin membara. Apalagi Macky dengan sabar membalas semua email-emailnya yang menanyakan teknik-teknik speedcubingnya.
Lalu pada bulan Januari 2007, Abel berhasil memecahkan rekor MURI untuk kategori "Menyelesaikan Rubik's Cube dalam Waktu Tercepat", yaitu 19.33 detik. Kemampuan yang masih sangat langka pada masa itu. Kemudian perkenalannya dengan rekan-rekan sehobi, Maria Oey dan Didik Danardono di tahun 2007 makin menambah kecintaannya kepada cubing. Di kompetisi Indonesia Open tahun 2009, Abel berhasil memecahkan rekor nasional untuk Rubik's Cube dengan waktu tercepat 14.44 detik. Di tahun yang sama pula dia menyabet juara kedua di Malaysia Open dan juara ketiga di Singapore Open untuk kategori Pyraminx.
Di bulan Februari 2009, Abel mendapat ajakan untuk tampil bersama Deddy Corbuzier, master mentalis Indonesia. Penampilannya di acara yang disiarkan langsung di stasiun TV nasional tersebut menarik minat banyak orang untuk mempelajari speedcubing. Yang akhirnya popularitas speedcubing makin menanjak dengan diadakannya kompetisi-kompetisi baik lokal maupun internasional di Indonesia.

Sumber : http://www.mastercubing.com

0 komentar:

 
Welcome To Shinichi Ryan ◄Design by Pocket, BlogBulk Blogger Templates