Rabu, 09 Juni 2010

Merakit Rubik’s DIY Cube

Rabu, 09 Juni 2010
Jika anda adalah seorang speedcuber yang memprioritaskan kecepatan, maka D.I.Y ( Do It Yourself ) Cube adalah solusinya. Sesuai dengan namanya Do It Yourself, berarti merakit sendiri cube mulai dari pemasangan center pieces / cubelets dengan screw (sekrup) dan spring (pegas) yang tersedia, memasang cubelets edge dan corner, test putaran cube, memasang center caps, lubrikasi, dan yang terakhir menempelkan stikernya.

Kelebihan dari Rubik’s DIY Cube adalah putarannya yang ringan serta cutting corner yang lebih baik, sehingga sangat cocok sekali digunakan oleh para speedcuber dalam meningkatkan kecepatan solving. Di samping itu, kita bisa memasang screw dan spring dengan tingkat kerapatan atau kelonggaran center piece sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan kita. Jadi, rakit dan temukan setting-an terbaik untuk Anda.

Langkah-langkah untuk merakit Rubik’s DIY Cube :

1 ) Sebelum perakitan, pastikan semua bagian cubelets + core + screw + spring tidak ada yang kurang, dan kelompokkan masing-masing bagian untuk memudahkan kita ketika melakukan perakitan.

IMG0028A

2 ) Memasang screw dan spring pada core dengan memakai obeng bunga yang ukurannya sesuai dengan screw ( obeng dalam gambar di atas kebesaran J, jadi cari obeng yang sesuai ). Kemudian dengan sedikit menekan screw-nya ke lubang core, lakukan drilling ( bor ) dengan memakai obeng bunga tersebut. Sisakan ruang sekitar 1 mm – 1.2 mm pada saat pegas ditarik antara center piece dengan core-nya. Lakukan dengan hati-hati agar tidak merusak core-nya.

Core-Center Piece - Spring Screw

3 ) Ulangi langkah kedua di atas hingga semua center piece terpasang. Pastikan jarak antara core dan center piece-nya sama di setiap sisi.

Center

4 ) Langkah selanjutnya adalah memasang edge dan corner hingga terbentuk cube-nya secara utuh tanpa center caps.

IMG0037A

IMG0039A

5 ) Kemudian test putaran cube yang sudah terbentuk tersebut. Jika terasa masih longgar dan mudah pop out, maka kencangkan kembali screw-nya. Test putaran cube-nya hingga anda mendapatkan setting-an terbaik sesuai dengan kenyamanan jari-jari anda. Beberapa cuber lebih nyaman dengan cube yang disetting sedikit longgar, dan beberapa lainnya kurang nyaman karena cube mudah pop.

6 ) Selanjutnya adalah memasang center caps. Sebagai informasi, center caps Rubik’s DIY sangat mudah sekali pop, oleh karena itu gunakan lem / perekat atau pun double tape dalam memasang center caps tersebut.

IMG0042A

7 ) Lakukan lubrikasi terhadap cube anda sebelum pemasangan stiker. Di sarankan menggunakan cairan Silicon tanpa petroleum, anda bisa mendapatkannya di toko-toko yang menjual perkakas alat-alat teknik ( tools / hardware ). Para speedcuber kebanyakan menggunakan silicon dalam melubrikasi cube mereka, karena cairan kimia ini meninggalkan semacam lapisan pada permukaan plastik sehingga terasa lebih licin dan tidak kesat. Setelah lubrikasi, pasang kembali menjadi sebuah cube yang utuh.

8 ) Tahap terakhir adalah memasang stiker. Sebelumnya, pastikan bahwa bagian luar dari cube tersebut sudah bersih dari debu, kotoran, dan lain-lain, agar nantinya stiker yang sudah dipasang tidak mudah rusak. Dalam memasang stiker, ikuti skema warna standar, yaitu merah berseberangan dengan jingga, putih berseberangan dengan kuning, dan biru berseberangan dengan hijau. Jika warna stiker putih ditempatkan di atas, maka warna stiker sisi-nya secara berurutan adalah merah, biru, jingga, dan hijau.

Copy of IMG0046A

Nah, jadi deh cube-nya, mudah bukan ?

Sumber : http://cubemedan.wordpress.com

0 komentar:

 
Welcome To Shinichi Ryan ◄Design by Pocket, BlogBulk Blogger Templates